BINTIL AKAR



A.    Topik: Mikroorganisme (Rhizobium phaseoli) yang menguntungkan pada kacang hijau (Phaseolus radiatus).

Rhizobium  adalah basil yang gram negatif yang merupakan penghuni biasa di dalam tanah. Rhizobium adalah bakteri yang bersifat aerob, bentuk batang, koloninya berwarna putih berbentuk sirkular, merupakan penambat nitrogen yang hidup di dalam tanah dan berasosiasi simbiotik dengan sel akar leguminosae atau disebut juga facebeae merupakan tanaman berbunga yang dikenal sebagai keluarga kacang-kacangan. Tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) termasuk suku (famili) Leguminosae yang banyak varietasnya. Susunan tubuh tanaman (morfologi) kacang hijau (Phaseolus radiatus) terdiri atas akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Perakaran tanaman kacang hijau bercabang banyak dan membentuk bintil-bintil (nodula) akar (Rukmana, 1997).

B.     Kasus
Terdapat bintil akar pada suatu tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) yang kami tanam. Ditemukannya bintil akar pada tanaman kacang hijau karena adanya bakteri yang masuk  melalui bulu-bulu akar tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) dan menyebabkan jaringan  pada akar kacang hijau (Phaseolus radiatus)  tumbuh berlebih-lebihan hingga menjadi kutil-kutil.

C.    Analisis Kasus
Pada saat proses pertumbuhan pada tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) membutuhkan beberapa unsur hara, baik makro maupun mikro. Salah satu contoh unsur hara yang dibutuhkan adalah Nitogen (unsur makro). Dalam jaringan tumbuhan Nitrogen merupakan komponen penyusun dari banyak senyawa esensial bagi tumbuhan misalnya asam amino, klorofil, hormon sitokinin, dan hormon auksin (Lakitan, 1993).
Berhubungan dengan pentingnya suatu unsur hara tersebut untuk tanaman, maka suatu tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) mengadakan komunikasi/interaksi dengan mahluk hidup lain dalam hal ini adalah mikroorganisme Rhizobium phaseoli. Adanya interaksi antara tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) dan mikroorganisme tersebut maka terbentuklah bintil akar pada tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus). Untuk memperjelas bagaimana suatu mikrorganisme itu berinteraksi dengan kacang hijau (Phaseolus radiatus) berikut penjelasannya:

Bakteri Rhizobium phaseoli bila bersimbiosis dengan tanaman legum kacang hijau (Phaseolus radiatus), kelompok bakteri ini akan menginfeksi akar tanaman dan membentuk bintil akar di dalamnya. Berikut penjelasan gambar skema terbentuknya bintil akar:
Gambar 37-10
Gambar 1. Perkembangan Sebuah Bintil Akar Kacang Hijau (Phaseolus radiatus)
Sumber: (Campbell, 2003)

Akar tanaman tersebut menyediakan karbohidrat dan senyawa lain bagi bakteri melalui kemampuannya mengikat nitrogen bagi akar. Jika bakteri dipisahkan dari inangnya (akar), maka tidak dapat mengikat nitrogen sama sekali atau hanya dapat mengikat nitrogen sedikit sekali. Bintil-bintil akar melepaskan senyawa nitrogen organik ke dalam tanah tempat tanaman polong hidup. Dengan demikian terjadi penambahan nitrogen yang dapat menambah kesuburan tanah.
Gambar 2. Skema Bakteri Rhizobium sp.  dalam mengikat nitrogen

Efektifitas bintil akar dinilai dari adanya warna merah pada bagian tengah bintil akar setelah dibelah dan dari letak bintil akar pada system perakaran. Tidak selalu bintil akar dihuni oleh bakteri Rhizobium yang tepat dan efektif. Bintil-bintil ini timbul karena infeksi rambut akar dengan bakteri dari dalam tanah. Bakteri yang menimbulkan bintil pada tanaman legum, yaitu bakteri bintil, dikelompokan dalam genus Rhizobium.
Indikator infektif atau tidaknya suatu bakteri bintil akar dilihat dari jumlah dan berat bintil. Sedangkan indikator efektivitas bakteri bintil akar berdasarkan berat tanaman dan warna hijau daunnya.
Timbulnya pigmen dan di mulainya fiksi N pada saatnya berjalan pararel. Pada pembongkaran pigmen ini menjadi pigmen empedu hijau ( biliverdin ) hilang juga pengikatan N. Pigmen ini nampaknya terletak dalam ruang antara bakteroid dengan membrane yang menyelubunginya.
Pembentukan pigmen ini merupakan hasil khusus dari simbiosis : Gugus prostetiknya yaitu protohem disentris oleh bakteroid, sedangkan bagian proteinnya disentris dengan partisipasi tumbuhan. Leghemoglobin mirip dengan mioglobin, dan dalam bintil zat ini terdapat terutama dalam bentuk oksi, besi (II) dan mempunyai afinitas tinggi terhadap O. Dapat dianggap bahwa leghemoglobin mempermudah difusi O dari membrane selubung melalui ruang tanpa konveksi ke permukaan bakteroid, dan demikaian meningkatkan kecepatan transport O sifat lemoghlobin menjamin bahwa bakteroid mendapat persediaan O untuk perolehan energi dan pertumbuhan, tanpa menimbulkan tekanan parsial O terlalu tinggi yang menghambat fiksasi N oleh bakteroid (Somaatmadja, 1984).

D.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisi tentang kasus terjadinya bintil akar pada tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) dapat disimpulkan bahwa tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) mengadakan interaksi dengan mikroorganisme Rhizobium phaseoli, karena tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) membutuhkan nitrogen dan nitrogen dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus) jika tanaman kacang hijau bersimbiosis, sedangkan mikroorganisme tersebut mendapatkan karbohidrat dari  inangnya dalam hal ini dalah tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus).

DAFTAR PUSTAKA

Anonimus. 2011. Petani (Ngempet Panas Lan Isin) http://idealfarmer.blogspot.com/2011/12/simbiosis-rhizobium-sp-dengan-tanaman.html. Diakses pada tanggal  03 Juni 2013.

Benyamin, Lakitan. 1993. Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta: Grafindo.

Campbell, John W. 2003. Biologi Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Krisno, Agus. 2012. Pemanfaatan Mikroorganisme Dalam Bidang Pertanian (online)http://aguskrisnoblog.wordpress.com/2012/01/05/pemanfaatan-mikroorganisme-dalam-bidang-pertanian/. Diakses pada tanggal 03 Juni 2013.
Rukmana, Rahmat. 1997. Kacang Hijau dan Budi Daya Pasca Panen.      Yogyakarta: Kanisius.

Somaatmadja, Sadikin.1984. Kedelai. Bogor: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

No comments:

Post a Comment

PANDUAN PEMBAYARAN UTBK TLMPT 2022 MELALUI SMS BANKING MANDIRI

 Pembayaran biaya UTBK LTMPT 2022 melalui Bank Mandiri dapat dilakukan pada channel Mandiri SMS Banking di seluruh wilayah Indonesia. Pandu...