SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI GENETIKA (pewarisan sifat, mendel, interaksi gen, gen letal, pindah silang, dll)



BAB I
PELAKSANAAN MEWARISKAN SIFAT KETURUNAN
  1. Apakah yang dimaksud dengan :
  1. Bivalen
  2. Endosperm
  3. Gametogenesis
  4. Genom
  5. Kromatid
  6. Meiosis
  7. Mitosis
  8. Pembuahan ganda
  9. Sentromer
  10. spermatogenesis
  1.  
  1. Berapa banyak spermatozoa dihasilkan oleh 100 spermatid ? oleh soermatosit primer?
  2. Berapa banyak sel telur dihasilkan oleh 100 oosit primer? Oleh 100 ootid?
  3. Berapa banyak kromosom pada manusia akan diketemukan dalam. (a). Spermatosit skunder; (b). Spermatid; (c). Spermatozoa; (d) Spermatosit primer?
  4. Berapa banyak sel telur pada manusia akan dihasilkan oleh (a). sebuah oosit primer; (b) Sebuah badan kutub; (c) Sebuah ootid; (d) Sebuah oosit skunder ?
  5. Berapa banyak serbuk sari akan dibentuk oleh (a) 30 sel induk mikrospora; (b) 4 kelompok dari 4 mikrospora?
  6. Dibawah ini terdapat tiga buah gambar yang memperlihatkan beberapa fase selama meiosis berlangsung. Fase apakah fase apakah untuk (a),(b), dan (c) itu masing-masing?
  1. (b) (c)
  1. Disamping ini terdapat gambar skema sebuah kandung lembaga setelah pembuatan berakhir.
Buatlah gambar skema dari serbuk sari yang bertanggung jawab atas pembuahan itu.
  1. Kuda mempunyai 64 kromosom dan keledai 62 . (a) jika mereka dikawinkan, berapa jumlah kromosom yang dapat diharapkan dalam sel tubuh bagal (= hybrid kuda keledai) yang jantan dan betina, (b) apakah bagal itu akan fertile ataukah steril dan mengapa?
  2. Sebutkan serbuk sari dari tanaman jagung (Zea mays) dengan inti P, Q dan R membuahi sebuah kandung lembaga dengan inti S,T,U,V,W,X,Y, dan Z seperti tertera pada gambar dibawah ini.


Antipoda sinergid
Inti saluran
Serbuk sari
(a)Manakah dari 5 kombinasi berikut ini dapat dijumpai didalam embryo: 1. PQR; 2. QRX, 3. RVW, 4. PX, 5. RX? (b) Manakah dari 5 kombinasi tersebut diatas dapat dijumpai dalam endosperm? (c) Manakah dari 5 kombinasi itu dapat dijumpai dalam saluran serbuk? (d) Inti-inti manakah dari kedua gametofit tersebut diatas tidak mempunyai keturunan dalam biji yang telah masak? (e) Inti-inti manakah dari kedua kandung lembaga yang tetap memiliki sifat genetic sama setelah terjadi pembuahan?
  1. Jagung (Zea mays) mempunyai kromosom diploid 20. Berapa banyak kromosom dapat ditemukan didalam (a) mikrospora; (b) inti sperma; (c) sel endosperm; (d) sel ujung akar; (e) sel embryo?
  2. Manusia memiliki 46 kromosom. Berapakah jumlah kromosom yang terdapat didalam (a) sel telur yang masak; (b) badan kutub; (c) spermatozoa; (d) oosit primer; (e) soermatid?
  3. Misalkan suatu hewan diploid mempunyai 4 kromosom seperti pada gambar dibawah ini gambarkan semua kemungkinan gamet yang dihasilkannya dari oogenesis.


  1. Sel somatis dari tikus memiliki 40 kromosom. (a) berapa banyak kromosom, seekor anak tikus menerimanya dari induknya jantan; (b) berapa banyak autosom terdapat didalam gamet dari tikus; (c) berapa banyak kromosom kelamin terdapat didalam sel telurnya; (d) berapa banyak autosom terdapat didalam sel somatic dari tikus betuna?
  2. Suatu tanaman bergenotip aa menyerbuk tanaman AA.(a) Bagaimanakah genotip embryonya;(b) Bagaimanakah genotip endospermnya?







BAB II

MANDELISME

    1. Apakahyang dimaksud dengan :
    • Alel e. Fenotip i. preformasi
    • Alel domonan f. Genotip j. Ujisilang
    • Alel kodominan g. Homozigot
    • Animakulisma h. perkawinan resiprok
  1. Warna mata manusia merupakan sifat keturunan. Mata hitam adalah dominan (H) terhadap mata biru (h). seorang laki-laki bermata biru kawin dengan seorang perempuan bermata hitam ? Tetapi ibu perempuan itu bermata biru. Berapa bagian dari anak-anak mereka dapat diharapkan bermata biru ?
  2. Seorang laki-laki bermata hitam kawin denagn seoarang yang bermata biru dan mempunyai anak pertama bermata biru. (a). Bagaimanakah genotip laki-laki itu? (b). Berapa kemungkinannya anak kedua nantinya akan bermata biru pula?
  3. Manakah yang lebih sesuai, suami istri masing-masing bermata hitam mempunyai anak bermata biru ataukah suami istri masing-masing bermata biru mempunyai anak bermata hitam?
  4. Pada tikus, genotip yy adalah abu-abu, Yy adalah kuning sedangkan YY mati diwaktu masih janin. Bagaimanakah keturunan yang dapat diharapkan dari perkawinan tikus kuning dan abu-abu? Antara dua ekor tikus kuning? Pada perkawinan manakah dapat diharapkan jumlah anak paling banyak ?
  5. Dua individu pentahibrid kawin.(a). Berapa bagian dari keturunannya adalah homozigot? (b). Berapa bagian akan mempunyai genotip dan fenotip seperti hibridnya? (c). Berapa macam genotip yang dapat diharapkan dalam keturunan? (d). Berapa % dari keturunan mempunyai fenotip untuk 4 gen dominan? (e) Tulislah perbandingan fenotip yang dapat diharapkan dalam keturunan?
  6. Berapa macam gamet akan dibentuk oleh individu AABbCcddEeff?
  7. Bibir sumbing pada manusia ditentukan oleh gen resesif h sedangkan alelnya dominan H menentukan bibir normal. Gen dominan A menyebabkan kulit berpigmen (jadi normal), alelnya resesif a menyebakan orang albino (bulai). Suami istri masing-masing normal mempunyai dua orang anak, yaitu seorang puteri normaltetapi sumbing. Berapa kemungkinan bahwa (a). Anak laki-laki itu pembawa gen untuk sumbing. (b). Anak perempuan itu pembawa gen untuk albino?
  8. Pada ercis warna abu-abu dari bijinya ditentukan oleh gen dominan G, sedangkan alelnya g menentukan warna putih. Mandel menemukan hasil dalam percobaannya sbb: Keturunan
Induk abu-abu putih
  1. Abu-abu x putih 82 78
  2. Abu-abu x Abu-abu 118 39
  3. Putih x putih 0 50
  4. Abu-abu x putih 74 0
  5. Abu-abu x Abu-abu x 90 0
Tetapkanlah genotip dari masing-masing tanaman induk itu.
    1. Gruff dan Odland menemukan suatu jenis tanaman mentimun yang setelah dewasa bunganya tak mau membuka. Akan tetapi dengan member pertolongan membuka bunganya, penyerbukan masih mungkin dilakukan. Hasil percobaan mereka adalah sbb :
Fenotip dan keturunanya
Induk Bunga membuka Bunga menutup
Menutup membuka semua -
F1 (dari atas) x F1 145 59
Menutup x F1 81 77
(a). Tentukan symbol-simbol untuk gen-gen yang bertanggung jawab
(b). Tetapkanlah genotip tanaman induk yang bunganya menutup
(c). Genotip dari tanaman induk yang bunganya membuka
(d). Genotip tanaman F1
1-11. (a) Bilamanakah dalam keturunan dari perkawinan dua individu didapatkan perbandinga fenotip 1:1:1:1:1:1:1 ? (b). Individu AaBaCcDd dikawinkan dengan AabbCCDd. Berapa bagian dari keturunanya akan mempunyai genotip : 1. Aabbccdd. 2. AABBCCDD. 3. aaBBccDD. 4. AABBccdd ?
    1. kebanyakan orang mempunyai sebuah putaran rambut pada bagian atas dari kepala. Sifat ini ditentukan oleh gen dominan W. berapa orang memiliki dua buah putaran rambut dan sifat ini ditentukan oleh alel w. tentukan genotip dari tiap indvidu pada diagram silsilah ini. Individu yang diarsir memiliki sebuah putaran rambut.







I
1 2
II
1 2 3 4 5 6
II
1 2 3
1-13. pada suatu tanaman dikenal alel kodomianyang mempengaruhi warna daun lembaga. Genotip CGCG menghasilkan daunlembaga hijau tua. CGCY hijau muda dan CYCY kuning. Karena yang terakhir ini tidak mampu membentuk klorofil , maka kecambah tanaman ini tidak lama tumbuhnya dan mati waktu masih muda.
Tanaman hijau tua diserbuk oleh tanaman hijau muda. Waktu tanaman-tanaman F1 dibiarkan menyerbuk secara bebas dihasilkan keturunan F2 sebanayak 2400 tanaman yang dapat tumbuh harus sampai berbunga. Berapakah dari tanam-tanaman F2 ini yang berupa tanaman berdaun lembaga hijau dan berapa yang hijau muda?

1-14. dentinogenesis imperfect ialah suatu kelainan herediter pada gigi yang mempengaruhi pembentukan dentin, sehingga gigi warna coklat dan mahkotanya tenggelam didalam
I gusi. Kelainan ini ditentukan oleh
1 2 gen dominan D, sedang alelnya
II resesif d menentukan gigi normal
Jika kotak-kotak yang diarsir 1 2 3 4 5 6 7 pada diagram silsilah ini
Merupakan idividu yang
Kelai nan itu, tentukan genotip
1 2 dari masing-masing individu.

1-15. Tetapkanlah apakah individu-individu yang diarsir pada diagram silsilah ini memiliki sifat keturunan yang disebabkan oleh gen dominan ataukah resesif ?





BAB III
INTERAKSI ANTARA GEN-GEN
6-1. Apakah yang dimaksud dengan:
  1. Atavisme d. gen komplementer f. interaksi gen
  2. Dominansi e. hipostasi g. inhibitor
  3. Epistasi
    1. Seperti diketahui ayam berjengger mawar mempunyai genotip R-pp, ercis rrP-, walnut R-P- dan tunggal rrpp. Tetapkan perbandingan fenotip dari keturunan yang dapat diharapkan dari perkawinan berikut ini: (a) RRPp x rrPp ; (b) rrPP x RrPp ; (c) RrPp x Rrpp ; (d) Rrpp x rrpp.
    2. Bagaimanakah genotip dari kedua induknya dalam perkawinan walnut x mawar, apabila dalam keturunan didapatkan perbandingan 3 mawar : 3 walnut : 1 ercis : 1 tunggal?
    3. Pada suatu tanaman kacang-kacangan, gen C dan P sangat diperlukan untuk pembentukan bunga ungu. Apabila salah satu dari gen itu atau kedua-duanya absen, bunga akan putih. Bagaimanakah perbandingan fenotip dari keturunan yang dihasilkan dari perkawinan berikut ini: (a) Ccpp x ccPp ; (b) CcPp x Ccpp ; (c) ccpp x CcPp ; (d) CcPp x CcPp?
    4. Waktu tanaman kacang-kacangan tersebut diatas yang berbunga ungu dikawinkan dengan yang berbunga putih, dihasilkan 14 ungu : 16 putih. Bagaimanakah kira-kira genotip dari kedua tanaman yang dikawinkan itu?
    5. Nilsson-Ehle membuat persilangan antara dua macam tanaman gandum, yang satu mempunyai biji bersekam putih dan yang lain bersekam hitam. Biji-biji dari tanaman F1 mempunyai sekam hitam, sedang F2 nya terdiri 418 hitam, 106 kelabu, 36 putih.
(a) tetapkan sendiri simbol untuk gen-gennya, kemudian terangkanlah bagaimanakah warna sekam itu diturunkan pada persilangan ini?
(b) tuliskan genotip dari tanam-tanaman F2 yang menghasilkan biji dengan sekam putih dan yang hitam.
6-7. Suatu tanaman waktu menyerbuk sendiri menghasilkan keturunan F1 dengan
perbandingan fenotip 13 berbuah bulat : 3 berbuah oval. Bagaimanakah perbandingan fenotip dari keturunannya, apabila tanaman yang sama itu di-testcross?
    1. Pada jagung alel dominan dari 3 pasang gen memisah bebas, yaitu: Aa, Cc dan Rr, harus hadir dalam genotip agar supaya biji berwarna, jika salah satu dari gen dominan itu tidak ada, biji tak berwarna (artinya putih). Disamping ketiga gen dominan itu masih dikenal sepasang gen lain (ialah P dan p) yang menyebabkan warna lain. Bila gen dominan P yang hadir, biji berwarna ungu. Tetapi bila ada yang hadir alelnya resesif homozigotik (pp), biji berwarna merah. Tanaman AACCRRpp (apa warna bijinya)? Disilangkan dengan tanaman AACCrrPP (apa warna bijinya)? Jika tanaman F1 dibiarkan menyerbuk sendiri, bagaimanakah perbandingan genotip dan fenotip dari tanam-tanaman F2?
    2. Seorang penggemar tikus mengawinkan tikus putih dengan tikus hitam dan dalam koleksinya kira-kira separoh dari jumlah tikus berwarna hitam. Orang tidak heran, bahwa ia mendapatkan tikus putih bernoda-noda hitam dari perkawinan tikus putih dan hitam. Ia justru heran sekali bagaimana ia dapat memperoleh tikus hitam dari perkawinan itu. Coba berikan keterangan kepadanya apabila saudara mengetahui bahwa pada tikus gen resesif a memberi warna putih, tetapi jika terdapat bersama-sama dengan C akan timbul warna hitam. Gen S meyebabkan warna polos (tidak bernoda-noda), tetapi jika alelnya resesip berada dalam keadaan homozigotik dan terdapat pada tikus yang akan berwarna hitam, maka tikus itu menjadi putih bernoda-noda hitam.
    1. Bisu-tuli sejak lahir pada manusia disebabkan oleh keadaan homozigotik dari salah satu atau kedua gen resesip d dan e. kedua gen dominan D dan E sangat diperlukan agar supaya orang normal.
Seorang laki-laki bisu-tuli kawin dengan seorang perempuan bisu-tuli pula. Akhirnya mereka mempunyai 5 orang anak yang semuanya normal. Bagaimankah saudara menerangkannya?
Suami istri dari keluarga lain masing-masing normal, tetapi mereka mempunyai 4 orang anak yang semuanya bisu-tuli. Bagaimanakah saudara menerangkan kejadian ini?

    1. Suami istri dari keluarga lain masing-masing normal, tetapi mereka mempunyai 4 orang anak normal, tetapi mereka mempunyai 4 orang anak ang semuanya bisu-tuli. Bagaimana saudara menerangkan hal ini ?

    1. Disamping ini terdapat diagram /silsilah dari keluarga bisu-tuli, individu-individu yang diarsir adalah bisu-tuli. (a) berapa kemungkinannya akan lahir anak bisu-tuli dari perkawinan II3 x III2 ? (b) dari perkawinan II2 x II3 ?

    1. Suatu tanaman dihibrid setelah menyerbuk sendiri menghasilkan keturunan dengan perbandingan fenotip 12:3:1. Bagaimanakah perbandingan fenotip dari keturunannya, apabila tanaman dihibrid itu tadi di testcross?
    2. Dari suatu tanaman yang menyerbuk sendiri didapatkan biji-biji yang setelah ditanam menghasilkan sejumlah keturunan yang memperlihatkan perbandingan 9/16 berbunga ungu: 3/16 berbunga biru: 4/16 berbunga putih.
  1. Coba terangkanlah kenyataan itu secara genetik.
  2. Jika yang berbunga biru homozigotik ternyata berjumlah tanaman, berapakah lalu banyaknya tanaman yang berbunga ungu, biru dan putih masing-masing?
  3. Bila tanaman tersebut diatas tidak menyerbuk sendiri melainkan test-cross, bagaimanakah perbandingan fenotip dalam keturunannya?
    1. Gen dominan I menghalang-halangi keluarnya warna pada bunga suatu tanaman, sehingga adanya gen tersebut menyebabkan tanaman berbunga putih. R menyebabkan bunga berwarna merah. Sedangkan tanaman yang dobel resesip untuk kedua gen itu akan mempunyai bunga berwarna kuning.
Tanaman homozigot berbunga putih dikawinkan dengan tanaman homozigot berbunga merah. Semua tanaman F1 berbunga putih, tetapi F2-nya memperlihatkan perbandingan 3/16 merah: 12/16 putih : 1/16 kuning.
Misalkan di antara tanaman berbunga putih dalam keturunan F2 ini terdapat 32 tanaman yang mempunyai genotip IiRR, berapakah lalu banyaknya tanaman yang berbunga merah, kuning dan putih dal;am keturunan F2?

























BAB IV
GEN LETAL

PERTANYAAN-PERTANYAAN

5-1 Pada lalat buah Drosophila, mata bentuk bintang adalah Heterozigotik, yang menunjukkkan ekpresi adanya gen letal.Dua lalat bermata bintang dikawinnkan dan menghasilkan 180 lalat yang hidup. Beberapakah di anatara lalat-lalat ini yang bermata bintang? Tunjukkan diagram perkawinnanya.
5-2. Seorang pria brakhipalangi kawin dengan wanita normal. Bagaimanakah kemungkinan anak-anak mereka?
5-3. Anjing meksiko ada yang mempunyai sedikit rambut. Waktu anjing ini di kawinkan dengan anjing normal, maka kurang lebih separoh dari jumlah anak-anaknya berambut sedikit dan separoh lainnya berambut normal. Tetapi waktu dua ekor anjing berambut sedikit dikawinkan, maka 2/3 dari jumlah anaknya berambut sedikit dan yang1/3 berambut normal.coba terangkan kejadian ini.
5-4. Kelinci Pelger adalah heterozigot Ppdan menderita kelainan pada sel darah putihnya. Kelinci normal adalah PP. Kelinci homozigot resesip pp menderita cacat berat pada tulang kerangkanya dan mati sebelum atau segera setelah lahir. Jika dua ekor kelinci Pelger dikawinkan, bagaimanakah perbandingan fenotip pada kelinci-kelinci F2 yang dewasa?
5-5. Dari perkawinan-perkawinan berikut ini, manakah yang menguntungkan?
a. ayam Creeper x ayam Creeper
b. ayam Creeper x ayam normal
5-6. Pada tikus dikenal gen dominan Y yang menyebabkan kulit berwarna kuning, alelnya resesip bila homozigotik menyebabkan kulit berwarna kelabu (nomal). Di samping itu dikenal pula gen dominan T yang menyebabkan barchyuri(ekor pendek), sedang alelnya t menentukan ekor normal bila homozigotik. Embryo yang homozigotik untuk slah satu atau kedua macam gen dominan itu mati sebelum lahir (letal). a) jika dua ekor tikus berkulit kuning, brachyuri dikawinkan bagaimanakah perbandingan fenotip dari keturunannya? b) apabila tikus demikian itu rata-rata melahirkan 8 ekor anak, berapakah kira-kira rata banyak nya anak yang lahir dari perkawinan semacam itu.
5-7. Multiple telangiectasia ialah suatu penyakit keturunan pada manusia yang ditandai oleh membesarnya pembuluh-pembuluh darah pada bagian muka, hidug, lidah,bibir, sehingga penderita kerapkali mengalami pendarahan hidung. Penderita adalah heterezegotik Mm. genotip MM berakibat letal pada manusia, karena pembuluh-pembuluh darahnya mudah sekali putus. Individu demikian tak lama hidupnya. Suami isteri masing-masing penderita penyakit ini telah memiliki seorang anak yang mendaerita penyakit itu pula. Tak lama lagi mereka akan memiliki anak ke dua. Bagaimanakah kemungkinan anak nomor dua itu nanti akan (a). Normal? (b) menderita penyakit itu pula?
5-8. seprang penggemar tikus mengawinkan dua ekor tikus untuk beberapa generasi, tetapi ia selalu mendapatkan anak tikus dengan warna lain di samping anak tikus yang berwarna kuning. Setelah ia menghentikan percobaanya, ia memperoleh 133 ekor tikus kuning dan 68 ekor tikus berwarna lain.
    1. Bagaimanakah kemungkinan genotip dari dua ekor tikus yang dikawinkan itu?
    2. Coba buatlah diagram perkawinan dua ekor tikus tersebut.
5-9. seorang peternak babi seringkali melihat bahwa dua atau tiga ekor anak babi yang lahir menderita penyakit hydrocephaulus, ya itu kepalanya besar disebabkan karena tekanan di dalam rongga-rongga otak terlalu besar. Anak babi demikian itu biasanya mati waktu lahir atau tak lama setelah lahir. Si peternak mencari buku genetika dan setelah membacanya, ia mengetahui bahwa keadaan demikian itu keturunan dan disebabkan oleh gen letal resesip.
Dapatkah saudara menolong dia dengan membuatkan rencana kerja untuk mengeliminir gen letal itu dari babi yang dimilikinya?
5-10.Di halaman kampus Universitas sebelas maret di surakarta terdapat sebuah pohon yang cukup mengherankan dan menarik perhatian. Biji-bijinya jatuh dari pohon itu tumbuh di tanah, tetapi di antara tumbuhan baru ini selalu terdapat sejumlah tanaman yang daunnya putih (tak berklorofil), sehingga tak lama kemudian mati.
    1. Dapatkan saudara menerangkan keajaiban tersebut?
    2. Apakah ada kemungkinan melalui sesuatu percobaan untuk mendapatkan biji-biji dari pohon itu,yang tidak akan menghasilkan tanaman berdaun putih? Andaikan jawaban saudara ”dapat”, bagaimankah caranya?


BAB V
BERANGKAI DAN PINDAH SILANG

PERTAYAAN-PERTANYAAN
10-1. Apakah yang di maksud dengan:
a. berangkai f. pindah silang
b. kelompok berangkai g. prosentase rekombinasi
c. kiasma h. rangkai sempurna
d. koefisien koinsindnsis i. “repulsion phase” (trans)
e. peta kromosom relatif j. tipe rekombinasi
10-2. Suatu individu mempunyai genotip + 1 k + . Andaikata antara gen k dan 1 terdapat pindah silang 15%, macam gamet apakah akan dibentuk oleh individu itu dan berapa % banyaknya masing-masing gamet itu?
10-3. Pada suatu tanaman dikenal misalnya gen-gen sebagai berikut:
A = gen untuk bunga merah B = gen untuk buah bulat
a = gen untuk bunga putih b = gen untuk buah oval
serbuk sari dari tanaman bunga putih, buah oval diberikan kepada bunga dari tanaman bunga merah, buah bulat. Tanaman F1 terdiri dari:
  • 41 tanaman berbunga merah, berbulu bulat
  • 15 tanaman berbunga putih, berbunga oval
(a). Apakah gen-gen tersebut terangkai ataukah tidak? Beri alasan yang tepat.
(b). Coba buat diagram perkawinan itu?
(c). Andaikata gen-gen itu tidak terangkai melainkan dapat memisahkan secara bebas, bagaimanakah pembagian fenotip dari keturunan itu?
10-4. Andaikata pada suatu hewan:
A= gen untuk rambut hitam B= gen untuk rambut pendek
a= gen untuk rambut putih b= gen untuk rambut panjang
Pada waktu hewan dihibridnya diujisilang (di-
“testcross”) didapatkan keturunan sebagai berikut:
Rambut hitam rambut hitam rambut putih rambut putih
Pendek panjang pendek panjang
13 38 40 9


  1. Apakah gen-gen tersebut terangkai ataukah tidak? Alasannya!
  2. Andaikata terangkai, berapakahpersentase rekombinasinya?
  3. Andaikata tidak terangkai, berapakah kira-kira jumlah hewan itu masing0masing dalam keturunan?
  4. Coba buatkah diagram perkawinannya dimulai dari parental.
10-5. Pda jagung (Zea mays) warna merah dari biji ditentukan oleh gen dominan R bersama-sam dengan C. Alelya resesif r bersama-sama dengan C menyebabkan biji berwarna kuning tetapi hadirnya gen resesif c menyebabkan warna tidak keluar, sehingga biji putih.
Tanaman jagung yang bijinya kuning dikawinkan dengan tanaman berbiji putih tetapi memiliki alel untuk warna merah dalam keadaan homozigotik. Pada waktu tanaman-tanaman F1 diuji silang, didapatkan keturunan :
100 tanaman berbiji putih
24 tanaman berbiji merah
76 tanaman berbiji kuning
  1. Apa sebab didapatkan hasil demikian?
  2. Coba buatlah diagram perkawinannya dimulai dari tanaman parental.
  3. Manakah dari tanaman-tanaman itu yang merupakan tipe rekombinasi?
  4. Berapakah presentase rekombinasinya
10-6. Pada lalat Drosopila dikenal gen-gen sebagai berikt :
+ = gen untuk mata merah st = untuk mata merah tua
+ = gen untuk bulu panjang ss = gen untuk bulu pendek
  1. Andaikan perkawinan :
+ + st ss st ss st ss
Mata merah mata merah tua
Bulu panjang Bulu pendek
Menghasilkan 1000 anak lalat, sedangkan jarak antara gen st dan ss 14 unit bagaimana sifat anak-anak lalat ini dan berapakah kira-kira banyaknya masing- masing ?
  1. Apakah perlu perkawinan resiproknya menghasilkan data yang sama ? mengapa? Bagaimana lalu keturunannya dan berapa banyaknya masing-masing?
10-7. Berapa banyak kelompok berangkai terdapat pada (a) belalang betina; (b) belalang jantan; (c) orang perempuan; (d) orang laki-laki; (e) virus ( semua virus rupa-rupanya hanya memiliki sebuah asam nukleat).
10-8. Seorang mahasiswa memiliki 2 buah gen dominan, yaitu K yang menyebabkan ia menderita katarak ( suatu abnormaliter pada lensa mata) dan P yang menyebabkan polidaktili ( kelebihan jari-jari ) ia menerima kedua macam abnormaliter itu dari ayahnya, sedangkan ibunya normal. Istri mahasiswa tersebut sama sekali tidak memperlihatkan abnormaliter itu. Jadi memiliki gen-gen resessifnya.
Apabila gen-gen itu terangkai sempurna pada sebuah autosom, bagaimanakah pendapat saudara mengenai anak-anak mereka, apakah :
  • Anak-anak akan menderita katarak dan polidaktili?
  • Anak-anak akan menderita katarak atau polidaktili ?
  • Anak-anak sama sekali tidak akan menderita abnormaliter itu?
Buktikan dengan sebuah diagram perkawinan.










BAB VI
ALEL GANDA

PERTAYAAN-PERTANYAAN

11-1. Apakah yang dimaksud dengan:

  1. ABO— dan Rh inkompatibiLitas
  2. aglutinin
  3. antigen
  4. eritroblastosis fetalis i.
  5. isoagglutinasi
  6. Kelinci Himalaya
  7. Mandul sendiri
  8. Multipel alelomorfi
  9. Perkawinan kompatibel
  10. Rh-positip

11-2. Pada hari ulang tahunnya, anak saya menerima hadiah dari parnannya berupa 4 ekor kelinci yang katanva berasal dari satu induk. Keempat ekor kelinci itu terdiri dari 2 ekor kelinci kelabu normal, seekor kelinci chinchilla dan seekor kelinci albino. Bagaimanakah kemungkinan genotip serta fenotip kedua induknya?
11-3. Apakah mungkin mendapatkan anak kelinci Himalaya dan albino dari perkawinan dua ekor kelinci chinchilla?
11-4. Pada marmot, salah satu dari gen-gen yang mempengaruhi warna kulit mempunyai beberapa alel yang berlainan. Marmot yang homozigotik untuk alel-alel tersebut mempunyai fenotip sbb.:
CC = hitam cdcd = kekuningan
ckck = coklat tua caca = albino
Alel-alel tersebut memperlihatkan dominansi C> ck > cd > ca.
Sebutkan berapa bagian dari masing-masing fenotip dapat diharapkan dalam keturunan dart perkawinan-perkawinan berikut ini:
(a) hitam homozigotik x coklat tua homozigotik; (b) hitam homo­zigotik x kekuningan homozigotik; (c) hitam homozigotik x albino; (d) coklat tua homozigotik x kekuningan homozigotik; (e) F1 dari (a) x F1 dart (c); (f) F1 dart (b) F1 dari (d)?

11-5. misalkan seorang anak bergolongan darah A dan ibunya 0. Bagaimanakah kemungkinan golongan darah ayahnya?
11-6. Golongan darah apa saja yang tidak mungkin dimiliki ayah ber­dasarkan ketentuan di bawah ini?

Golongan darah anak

Golongan darah ibu

Anak tidak mungkin bergolongan darah seperti berikut ini:
O

O

…………………………………………………………
B

A

…………………………………………………………
AB

AB

………………………………………………………….
N

MN

…………………………………………………………
M

M

…………………………………………………………

11-7. Pada suatu malam di sebuah rumah sakit telah lahir empat bayi. Kemudian diketahui bahwa golongan darah mereka masing-­masing ialah O, A, B dan AB. Empat pasang orang tua mereka ialah: (1) O dan O; (2) AB dan O; (3) A dan B; (4) B dan B. Carilah pasangan orang tua manakah yang sesuai untuk tiap-tiap bayi itu.
11-8. 50% dari jumlah anak-anak suatu keluarga mempunyai golongan darah A, 25% B dan 25% AB. Bagaimanakah kemungkinan fenotip dan genotip kedua orang tuanya?
11-9. Carilah kemungkinan genotip golongan darah untuk individu- individu dalam diagram silsilah ini yang diberi tanda Huruf (a), (b) dan seterusnya.

AB B
(a)
AB B
(b) (c)
A B O
(d) (e)
A B AB
(f) (g)
11-10.Seorang perempuan dari golongan darah A2 menuduh seorang iaki-laki A2 sebagai ayah dari anaknya yang bergolongan darali A3. Apakah ini mungkin?
11-11. Misalkan golongan darah sistem Rh ditentukan oleh sepasang alel R dan r. Seorang perempuan Rh-mernpunyai suami Rh+ dan telah mempunyai seorang anak puteri Rh-. Berapakah kemungkinannya bahwa anak nomor dua akan (a) Rh-posiiip; (b) Rh-negatip lagi; (c) menderita eritroblastosis fetalis?

11-12. Seorang gadis Rh— secara kebetulan mengetahui bahwa kekasihnya ternyata pernah mempunyai kakak perempuan, yang meninggal waktu lahir akibat eritroblastosis fetalis. Gadis itu merasa cemas bahwa kelak setelah menikah akan mengalami kejadian itu pula. Berhubung dengan itu ia minta kepada kekasihnya agar supaya pergi ke dokter untuk memeriksak an diri mengenai golongan darah Rh. Kekasih itu merasa tidak di­percaya dan dipermainkan oleh gadisnya, maka dengan marah ia menjawab: "Saya tidak mau pergi ke dokter. Jika kau tidak percaya lagi kepadaku, ya sudahlah kita berpisah di sini saja. Coba fikirkan, ibu-ibu lainnya itu juga aidak pernah mernik ir­kan coal golongan darah Rh sebelum mereka menikah." Gadis tersebut sangat bingung dan bertanya kepada saudara mengenai hal itu, karena mengetahui bahwa saudara pernah mendapat kuliah Genetika.
Dapatkah saudara memberi pertolongan kepada gadis itu?
11-13. S uami isteri yang terkenal sangat kaya meninggal dunia bersama-sama dengan tiga orang anaknya sebagai korban musibah pesawat udara yang mereka tumpangi. Tidak ada ang­gota keluarga lainnya yang dikenal. Sesuai dengan isi surat wasiat yang diketemukan, maka semua kekayaannya akan diserahkan kepada Palang Merah Indonesia. Akan tetapi di kemudian hari seorang laki-laki menyatakan bahwa ia adalah anak almarhum keluarga itu, yang telah meninggalkan rumah diwaktu usia muda. Teman-teman terdekat dari almarhum keluarga itu memang mengetahui bahwa keluarga itu pernah mempunyai empat orang anak, akan tetapi seingat mereka, anak itu telah meninggal dunia lebih lulu. Laki-laki tersebut berpendapat dan menuntut bahwa ia adalah satu-satunya orang yang berhak menerima kekayaan itu sebagai warisan. Dari ber­bagai rumah sakit, dokter dan PMI akhirnya dapat diketahui data mengenai golongan darah mereka yang bersangkutan, yaitu:



  • laki-Iaki yang meninggal: A, MNSs, Rh+
  • isteri yang meninggal: B, MNS, Rh-
  • laki-laki yang menuntut: O, MNs, Rh+
Bagaimanakah pendapat saudara mengenai tuntutan itu?
11-14. Empat orang kakak beradik perempuan masing-masing mem­punyai fenotip Rhz, Rho, rhy dan rh. Bagaimanakah kernung­kirian genotip dan fenotip orang tua mereka?

11-15. Suatu tanaman membawa alel-alel mandul sendiri S2S4. Apabila serbuk sari dari bunga tanaman:

  1. S1S2
  2. S2S3
  3. S2S3
  4. S1S3
  5. S 2 S4
  6. S 3 S 4
  7. S1S4


berturut-turut diberikan kepada putik dari tanaman tersebut di atas, bagaimanakah (a) genotip dari keturunannya; (b) genotip dari endosperm keturunannya?
GENETIKA POPULASI ( GENETIKA STRATA HAL 302)
PERTANYAAN-PERTANYAAN
13-1. Apakah yang dimaksud dengan:
  1. Ekuilibrium
  2. Frekuensi
  3. genetika populasi
  4. hukum ekuilibium Hardy-weinbreg
  5. Lengkang gen
  6. genetika populasi
  7. populasi
13-2. seorang peternak membeli 600 ekor domba,berasal dari populasi yang membiak secara bebas .ia tidak dapat memilih,sebeb domba- domba itu harus dibeli semuanya.Akan tetapi kemudian peternak itu mengetahui bahwa 150 Ekor diantara domba-domba yang dibelinya itu mempuynai sifat yang secara ekonomi merugikan,yaitu rambut domba ini berikal.sifat ini disebabkan oleh gen resesif cr.
  1. Berapakah frekuensi dari alel yang tidak diinginkan itu ?
  2. Berapa % dari domba yang dibelinya itu heterozigot ?
13-3. suatu cuplikan (sampel) dari 200 orang dari negara papua nugini telah diperiksa golongan darahnya menurut sistem MN dan didapatkan 14 M,48 MN dan 138 N.berapakah prekuensinya alel LM dan LN dalam populasi itu ?
13-4. Diantara 798 mahasiswa universitas Hasanudin yang dites untuk merasakan PTC.ternyata 70,2% adalah pengecap.Berapa % dari mahasiswa-siswa itu mempunyai genotif TT,Tt dan tt ?
13-5. suatu populasi daerah kedalaman ekuilibrium untuk gen A dan a,A adalah dominan terhadap a.5% dari individu-individu dalam populasi itu mempunyai penotif A.Berapa % banyaknya individu yang Heterozigot dalam populasi itu ?
13-6. a). Berapakah frekuensi gen R dan r apabila 50% dari penduduk adalah heterozigot ?
13-6. b). Berapakah prekuensinya apabila yang heterozigot adalah 42% ?
13-7. Misalnya suatu bayi dari 22. 500 kelahiran di indonesia menderita PKU (fenilketonuria).seperti diketahui,pertanyaan ini disebabkan gen resesif ph.berapa % dari populasi yang normal merupakan pembawa (carirr) ?
13-8. Misalnya prekuensi alel untuk golongan darah ABO pada populasi penduduk ibukota DKI jakarta raya telah diketahui,yaitu sebab sebagai berikut: prekuensi alel IA 0.3,IB 0.1,I 0.6. Berapa % dari tiap-tiap golongan dalam golongan darah ABO terdapat pada populasi tersebut.
13-9. suatu kebun tanaman jagung yang letaknya terpisah dari tanaman jagung lainnya mempunyai 20 % tanaman berbatang pendek (cebol).apabila sifat ini ditentukan oleh gen resesif d,sedangkan gen D menentukan tanaman berbatang normal,berapa % daritanaman normal dalam kebun itu yang homozigot dan barapa % heterozigot ?
13-10. Misalnya frekuensi alel untuk golongan darah sistem ABO,MN dan Rh pada suku bangsatoraItelah diselidiki dan hasilnya sebagai berikut : ferekunsi alel IA 0,26,i0,43, LM 0,56 R 0,45.Berapa % sukubangsa Toraja itu diduga mempunyai golongan darah : a) A,Rh- b) O,MN c) B,N,Rh+ ?
13-11. Butawarna ditentukan oleh gen resesip pada kromosom –X .Suatu survai pada 500 orang laki –laki di suatu daerah menunjukan ada 20 orang yang butawarna.
a).Berapakah frekuensi dari alel normal dan dalam populasi itu ?
b). Berapa % dari orang perempuan dalam populasi itu diharapkan normal ?
13-12. Mata putih pada lalat drosophilia ditentukan oleh gen resesif w sedang alelnya dominan W menentukan mata merah (tive liar,normal).suatu populasi drosopilia memberikan data sebagai berikut:
15 lalat betina bermata putih
52 lalat jantan bermata putih
208 lalat jantan bermata merah
365 lalat betina bermata merah (yang 112 lalat membawa w).
Dengan menggunakan data tersebut,coba cari frekuensi alel w.
13-13. Disuatu daerah seorang dari tiap 20 orang laki-laki menderita mono donatia (tidak bergigi seumur hidup).seperti diketahui anondontia disebabkan oleh gen resesif a yang terdapat dalam pada kromosom –X berapa % dari orang-orang perempuan didaerah itu diduga anodontia ?
13-14. Dalam suatu populasi ular yang cukup besar jumlahnya,75% pada tubuhnya mempunyai garis-garis hitam,sedang yang 25% tidak mempunyai garis-garis hitam.
Hitunglah frekuensi dari ale-alel yang menyebabkan garis-garis hitan itu.bagaimanakah saudara dapat menduga bahwa gen yang menentukan garis-garis hitam adalah dominan ?
13-15. Pada tahun 1980 serombongan transmigran terdiri dari 100 orang menempati dari pulau di indonesia bagian timur,yang sebelumnya tidak ada penduduknya.Sebelum mereka berangkat,golongan darah mereka diperiksa terlebih dahulu dan menghasilkan data sebagai berikut: 34 M,58 MN,8N.pada tahun 2000 jumlah mereka menjadi 200 orang.Jika dianggap bahwa kepindahan mereka itu tidak menimbulkan penambahan dalam lengan gen,Berapakah dari 2000 orang itu memiliki golongan darah M,berapa MN berapa N ?














PELAKSANAAN PEWARISAN SIFAT
Halaman : 52
  1.  
  1. bivalen adalah : mengganda kromosom – kromosom homolog yang terjadi pada meiosis I, yaitu pada tahap profase I.
  2. endosperm adalah : jaringan putih lembaga atau cadangan makanan
  3. gametogenesis adalah proses pembentukan gamet jantan dan gamet betina
  4. genom adalah satu set kromosom haploid dari suatu spsies
  5. kromatid adalah zat penyusun kromosom
  6. meiosis adalah pembelahan sel yang terjadi pada sel gamet, terjadi dua kali pembelahan. Kromosom anak yang dihasilkan separuh daari kromosom induk serta sel induk tidak sama dengan sifat sel anak. Pembelahan meiosis juga disebut sebagai pembelahan reduksi.
  7. mitosis adalah pembelahan sel yang terjadi pada sel somatic ( tubuh ), terjsdi satu kali pembelahan dan kromosom anak yang dihsilkan sama dengan kromosom induk
  8. pembuahan ganda adalah pembuahan yang terjadi dua kali pembuahan,yaitu antara inti sperma dengna inti sel telur dan inti sperma dengan inti persatuan dua inti kutub.
  9. sentromer adalah kepala kromosom, yaitu tempat melekat – melekatnya lengan – lengan kromosom.
  10. spermatogenesis adalah pembentukan sel kelamin jantan ( sperma ) yang terjadi di tubulus semiferus testis yang menghasilkan 4 sel sperma fungsional.

2. berapa banyak spermatozoa dihasilkan oleh 100 spermatid ? oleh 100 spermatosit primer ?
- spermatozoa yang dihsilkan oleh 100 spermatid = 100 spermatozoa
- spermatozoa yang dihasilkan oleh 100 spermatosit = 400 spermatozoa

3. berapa banyak sel telur yang dihasilkan oleh oosit primer ? oleh ootid ?
- sel telur yang dihasilkan 100 oosit primer = 100 sel telur
- sel telur yang dihasilkan 100 = 100 sel telur

4. berapa banyak kromosom pada manusia akan ditemukan di dalam:
a. spermatodit sekunder = 22A+x dan 22A+Y
b. spermatid = 22A+X, 22A+Y, 22A+Y
c. spermatozoa = 22A+x / 22A+Y
d. spermatodit primer = 22AA + XY

5. berapa banyak sel telur pada manusia akan dihasilkan oleh :
a. sebuah oosit primer = 1 sel telur
b. sebuah badan kutub = - ( tidak ada karena berdegunasi)
c. sebuah ootid = 1 sel telur
d. sebuah oosit sekunder = 1 sel telur

6. serapa banyak serbuk sari akan dibentuk oleh :
a. 30 induk mikrospora = 90 serbuk sari
b. 4 kelompok dan 4 mikrospora = 12 serbuk sari

7. dibawah ini terdapat 3 buah gambar yang memperlihatkan beberapa fase selama meiosis berlangsung. Fase apakah untuk a,b, dan c, berikut ?
a. Metafase b. metafase c. profase I ( diplonema)




8. disamping terdapat gambar sekema sebuah kandung lembaga setelah pembuahan berakhir. Buatlah gambar sekema serbuk sari yang bertanggung jawab atas pembuahan itu !


























9. kuda mempunyai 64 kromosom dan keledai 63.
a. jika mereka dikawinkan berapa jumlah kromosom yang dapat diharapkan dalam sel tubuh bagal ( = hybrid kuda keledai) yang jantan dan betina ? 128 kromosom
b. apakah bagal itu akan fertil atau steril dan mengapa ? bagal tersebut akan streril karena tidak mungkin kuda dan keledai melakukan perkawinan yang tidak dari spesied yang sama
10. sebutir serbuk sari dari tananman jagung ( Zea mays) dengan inti P,Qdan R membuahi sebuah kandung lembaga dengan inti S.T.V.W.X.Y dan Z seperti tertera pada gambar dibawah ini






  1. manakah 5 dari kombinasi berikut ini dapat dijumpai didalam embrio : 1. PQR, 2. QRX, 3. RVW , 4. PX, 5. RX.
Kombinasi yang dapat dijumpai didalam embrio yaitu = RX
  1. mankah dari 5 kombinasi diatas dapat dijumpai dalam endosperma ?
yang dapat dijumpai yaitu = RVW
  1. manakah dari 5 kombinasi diatas dapat dijumpai dalam saluran serbuk sari ?
kombinasi yang dapat dijumpai dalam serbuk sari = PX
  1. inti – inti manakah dari kedua gametofit tersebut diatas tidak mempunyai keturunan dalam biji yang telah masak ?
yaitu pada inti = PQR
  1. inti – inti manakah dari kandung lembaga yang tetap memiliki sifat genetic sama setelah terjadi pembuahan ?
yaitu pada inti = S,T ,U, V ,W ,X ,Y ,Z.
11. Zea mays mempunyai kromosom diplid ZO. Berapa banyak kromosom dapat ditemukan dalam:
a. mikrospora =
b. inti seperma =
c. sel endosperm
d. sel ujung akar=
e. sel embrio =
12. manusia memiliki 42 kromosom, berapakah jumlah kromosom yang terdapat didalam :
a. sel telur yang masak = 22A+X
b. badan kutub = 0
c. spermatozoa = 22A+X /22A+Y
d. oosit primer = 22AA+XX
e. spermatid = 22A+X, 22A+X, 22A+Y, 22A+Y
13. misalkan suatu hewan diploid mempunyai 4 kromosom seperti pada gambar . gambarkan semua kemungkinan gamet yang dihasilkan dari oogenesis




  • gambar dari kemungkinan gamet yagn dihasilkan dari oogenesis yaitu :
14. sel somatis dari tikus msmiliki 40 kromosom
a. berapa banyak kromosom, seekor anak tikus menerima dari induknya jantan?
- kromosom anak tikus yang diterima dari induk jantan yaitu = 19A + X / 19A+Y
b. berapa banyak autosom terdapat di dalam gamet dari tikus ?
- yaitu = 19 AA
c. berapa banyak kromosom kelamin terdapat di dalam sel telurnya ?
- kromosom kelaminya yaitu : XX
d. berapa banyak autosom terdapat didalam sel samatis dan tikus betina ?
- autosom di dalam sel suamtis dan tikus betina yaitu : 19 AA
15. suatu tanaman bergenotip aa menyerbuk tanaman AA ?
a. bagaimanakah genotip embrionya?
- genotip embrionya yaitu = Aa
b. bagaimanakah genetip endospermnya ?
- genotip endospermnya yaitu = AA, Aa, aa.





MENDELISME
Halaman : 34 - 37
    1. a. Alel adalah Anggota pasangan gen / gen yang dapat menempati lokus yang seperti gen lainnya pada kromosom tertentu
  1. Alel Dominan adalah Alel yang memiliki sifat selalu menutupi pasangan
  2. Alel kodominan adalah Alel yang memiliki sifat tidak menutupi dan tidak ditutupi
  3. Animalkulisma:
  4. Fenotip adalah Sifat keturunan yang memiliki sifat tampak dari luar sebagai akibat interaksi antara factor genotip dan lingkungannya .Example(Pendek,putih)
  5. Genotip adalah Sifat dasar yang tidak tampak dan tetap pada suatu indifidu ((RR,Rr,rr) atau ciri-ciri fisik yang tidak tampak dari luar.
  6. Homozigot adalah Individu yang genotipnya terdiri dari alel yang sama
  7. Perkawinan Resiprok adalah Perkawinan yang merupakan kebalikan dari perkawinan yang semula dilakukan.
  8. Preformasi:
  9. Uji silang adalah Perkawinan antar individu F1 (hybrid) dengan individu yang homozigot resesif.
    1. Diketahui :
  • Warna mata manusia sifat keturunan
  • Hitam )H) dimana terhadap h (biru)
P = mata biru x mata hitam (ibu perempuan)
Genotip = hh x Hh Bermata biru
h x H
H
F1 = Hh- hitam
hh- Biru
Anak bermata biru 50%
Diketahui = mata hitam
Mata biru
Anak pertama biru?
Ditanya……..?
  1. Genotip laki-laki?
  2. Kemungkinan anak kedua bermata biru?

Jawaban:
P= mata hitam x biru suami x istri bermata hitam
Hh hh anak bermata biru
F1=hh (biru)
  1. Genotip laki-laki P= hitam x hitam
Hh Hh hh
  1. Kemungkinan anak kedua Gamet H H
½ bermata biru=50% h h
F1= HH =hitm
2Hh =2hitam
hh =hitam

  1.  
  2. Yang lebih sesuai yaitu suami,istri,masing-masing bermata hitam mempunyai anak bermata biru karena karena mata hitam dominan terhadap mata biru,sehingga dari masing-masing suami istri ada kemungkinan genotip heterozigot (Hh).
  3. Diketahui =Genotip YY adalah abu-abu
XY adalah kuning dan YY mati diwaktu masih didalam janin
Ditanya:-Perkawinan dari tikus kuning dan abu-abu (keturunan) antara 2 ekor tikus kuning?
-Pada perkawinan manakah dapat diharapkan jumlah anak paling banyak?
Jawaban: Genotip = yy =abu-abu
Yang kuning YY mati
(Heterozigot)
  1. Yy YY
(kuning) (abu-abu)


Y
Y
Kuning 50%
Y
y
Yy
Yy
yy
yy
Abu-abu 50%

  1.  

Y
Y
Kuning 50%
Y
y
YY
Yy
Yy
Yy
Abu-abu 25%
Mati 25%


  1. Diketahui=2 individu pentahibrid kawin diantaranya beberapa bagian?
  1. Keturunan homozigot
  2. Genotip dan fenotip ,seperti hibridnya?
  3. Genotip yang diharapkan dalam keturunan
  4.  
  5. Perbandingan fenotip
Jawaban:perkawinan pentahibrid (5 sifat beda)
  1. P= AaBbCcDdEe x AaBbCcDdEe
Hokum segi tiga pascal
1.5 40.10 5 1
Keturunan homozigot =2
  1. Beberapa macam gamet akan dibentuk oleh individu AABbCcddEeff?
Diketahui=gen:AABbCcddEeff
Ditanya=banyak gamet?
Jawab=2n= =8 gamet

  1. Diketahui= h=bibir sumbing ditanya=a. laki-laki gen pembawa sumbing
H=bibir normal b. pembawa albino
A=kulit berpigmen
a=albino
P=normal x normal
HhAa x HhAa
Jawaban:9 H-A =9normal 1HHAA
3 h-aa =3normal 3HHAa
3 hhA_ =3sumbing pigmen 2HhAA
1 HHAA =1sumbing albino 4HhAa
9H-A-
=50%=1/2
=50%=1/2

Normal sumbing =3/16 x ½=3/32
Normal albino =3/16 x ½=3/32
Carrier sumbing =1/2 1 HH 2Hh, hh=2/4=1/2
Carrier albino =1/2 1AA 2Aa,aa=2/4=1/2
  1. Diketahui :G=biji abu-abu
g=biji putih
tentukan genotip induknya….?
Induk
Keturunan
Abu-abu
putih
  1. Abu-abu x putih
  2. Abu-abu x abu-abu
  3. Putih x putih
  4. Abu-abu x putih
  5. Abu-abu x abu-abu
82
118
0
74
90
78
39
50
0
0
Jawab:
  1. P=abu-abu xPutih
G gg
F1=82:78
1:1=Test cross
P=Gg x gg
G=G g
=g
F1=Gg=putih-abu-abu
=gg=putih
  1. P=abu-abu x abu-abu
F=118:39
3:1
P=Gg x Gg
G= G x G
g g
F1=GG=abu-abu
2Gg=abu-abu 3:1
Gg=putih
  1. P =Putih x Putih
Gen = gg x gg
g = g x g
F1 =gg – Putih
  1. Abu-abu x Putih
Gg
F=GG x gg
G g
F1=Gg=abu-abu
  1. Abu-abu x Abu-abu
P= G_ x G_
F=90 Abu-abu=0 putih
P=GG x Gg
G= G x G
g
F1=GG=abu-abu
Gg=abu-abu
  1. Diket=
Fenotip keturunan
Induk Bunga Buka Bunga Tutup
Menutup x Membuka Semua -
F1 x F1 145 59
Menutup x F1 81 77
Ditanya:……….?
  1. Symbol-simbol gen?
  2. Genotip induk bunga menutup?
  3. Genotip induk bunga membuka?
  4. Genotip F1?
Jawaban:
  1. P = membuka x menutup
F = Membuka
P = MM x mm
F1 =Mm=Membuka
  1. Genotipbunga menutup :mm
  2. Genotip bunga membuka :Mm
  3. Genotip F1:Mm
  1. a. keturunan perkawinan 2 individu fenotip 1:1:1:1:1:1:1:1
parental trihibrid x Homozigot resesif
P= AaBbCc x aabbcc
  1. Individu
P=AaBbCcDd x AaBbCcDd
Bagian dari keturunan
  1. Aabbccdd :tidak ada
  2. AABBCCDD :tidak ada
  3. AaBBccDD :Tidak ada
  4. AABBCCdd :tidak ada

  1. Diket: W=putaran rambut (1)
W=2 putaran rambut
Genotip pada diagram silsilah,berikut (arsir 1 putaran rambut)

  1. Diket=
C6C6 :Daun lembaga hijau tua
C C :Daun lembaga hijau muda
C C :Daun lembaga kuning(tidak lama hidupnya)
P=Hijau tua x hijau muda
C C C C
G= C C
C
F1= C C:Hijau tua
G C:Hijau muda
F1=Menyerbuk bebas
P = F1 x f1
C C x C C
F2=2400 Hidup semua
Perbandingan F2:1:1
  • Hijau tua :1200
  • Hijau muda :1200
  1. Diket=D:kelainan gigi
D:Normal
Tentukan genotip dari diagram silsilah berasir (berlainan)

  1. Tentukan gen yang dominan atau resesif?

INTERAKSI ANTAR GEN
Halaman : 138 - 140
6-1. a) Atavisme : interaksi gen yang menyebabkan tersembunyinya sifat keturunan untuk beberapa generasi.
b) dominasi
c) epistasi : sebuah atau sepasang gen yang menutupi gen yang lain bukan alelnya.
(d) Gen komplementer : gen yang saling membantu dalam memperlihatkan fenotip normal.
(e) Hipostasis : gen yang dikalahkan oleh gen lain.
(f) Interaksi gen : pengaruh dari gen-gen atau 2 gen fenotip atau lebih yang bekerja sama.
(g) Inhibitor : penghambat
6-2. Diketahui:
Mawar = R-pp
Ercis = rrP-
Walnut = R-P-
Tunggal= rrpp
Ditanya: Tentukan perbandingan fenotip dan keturunan?
Jawaban:
  1. P = ♂RRPp x♀ rrPp (b) P = ♂ rrpp x ♀RrPp
g = RP rP g = rP x RP
Rp rp Rp
F1 = R-PP Walnut rP
RrPp Walnut rp
RrPp Walnut F1 = RrPp Walnut rrpp Ercis
Rrpp Mawar RrPp Walnut rrPp Ercis
Perbandingan = 3 Walnut : 1 Mawar Perbandingan = 2 Walnut : 2 Ercis
(c). P = ♂RrPp x ♀Rrpp (d) P = ♂Rrpp x ♀rrPp
g = RP Rp g = Rp rp
Rp rp rp
rP F1 = Rrpp = Mawar
rp rrpp = Tunggal
F1 = R-P- = 3 Wanut perbandingan = 1 mawar : 1 tunggal
R-pp= 3 Mawar
rrP- = 1 Ercis
rrpp= 1 Tunggal
perbandingan = 3:3:1:1
6-3. P = ♂ Walnut x ♀Mawar
g = ♂R-P- x ♀R-pp
perbandingan keturunan
3 Mawar : 3 Walnut : 1 Ercis : 1 Tunggal
R-pp R-p- rrP- rrpp
P = ♂RrPp x ♀Rrpp
Genotip dari Walnut = RrPp
Mawar = Rrpp
6-4. a) P ♂Ccpp x ♀ccPp b) P ♂CcPp x ♀Ccpp
Putih putih Ungu putih
Cp cP g . CP Cp
Cp cp Cp cp
F1 = CcPp = Ungu cP
ccPp = Putih cp
Ccpp = Putih F1 = CCPp = Ungu CcPp = Ungu
Ccpp = Putih CCpp = Putih Ccpp = Putih
Rasio 3 putih: 1 Ungu CcPp = Ungu ccPp = Putih
Ccpp = Putih ccPp = Putih
Rasio perbandingan pada b 3 Ungu : 5 Putih
c) P ♂ccpp x ♀CcPp d) P ♂CcPp x ♀CcPp
Putih Ungu F1 = g C-P- : 3C-pp : 3 ccP- : 1 ccpp
G. cp Cp g Ungu : 3 Putih : 3 Putih : 1putih
F1 = CcPp = Ungu g Ungu : 7 Putih
Ccpp = Putih
ccPp = Putih
ccpp = Putih
Rasio 1 Ungu : 3 putih
6-5. Diket: Ungu x Putih
F1 = 14 Ungu x 16 Putih
Ditanya: genotip parental….?
P = 14:16
1: 1 (test cross)

P = ♂CCPp x ♀ccPP
Ungu Putih
Genotip induk CCPp = Ungu
ccpp = Putih

6.6. Diket: Persilangan sekam x Sekam putih Ditanya: a) Tentukan gen-gennya?
F1 x F1 b) Genotip F2 dari biji hitam dan putih?
F2 = 418 Hitam
106 Kelabu
36 Putih
Jawaban: P ♂Sekam hitam x ♀Putih
F1 = ……?
P = F1 x F2 (Epistatis dominan)
F2 = 418 Hitam : 106 Kelabu : 36 Putih
12 : 3 : 1
a) P = ♂HHKK x ♀hhkk b) F2 = 9 H-K- : 3 H-kk : 3 hhK- :1
Hitam Putih Hitam : Hitam : Kelabu
F1 HhKk 12 Hitam : 3 Kelabu : 1 Putih
Hitam
P = F1 x F1

6-7. P = ♂Bulat x ♀bulat 9 I-C- = Bulat
♂IiCc x ♀IiCc 3 I-cc = bulat
Bulat Bulat 3 iiC- = Oval
12 Bulat : 3 Oval 1 iicc = bulat
P = ♂F1 x ♀F1
Genotip = ♂AACCRrPp x ♀AACCRrPp
g = ACRP ACRP
ACrP ACrP
ACRp ACRp -Rasio genotip
ACrp ACrp 9 AACCR-P- : 3 AACCR-pp : 3AACCrrP- : 1 AACC
F1 9 AACCR-P- = 9 Ungu
3 AACCR_pp = 3 Merah
3 AACCrrP- = 3 Putih -Rasio genotip
1 AACCrrpp = 1 9 Ungu : 3 Merah : 4 putih
6-10. Diket: Nisu tuli = Homozigot dari d dan e
P = ♂Bisu tuli x ♀Bisu tuli
DDee ddEE
g De dE
F1 DdEe Normal

11. Diket: P ♂Normal x ♀Normal
DdEe x DdEe
9 D-E- : 7 (A-bb, aaB-, aabb)
Normal Bisu tuli
12. a) P = ♂ II2 x ♀III3 b) P2 = ♂II2 x ♀II3
DDee x DdEe dari data disamping 2 anak bisu tuli
F1 = D-E- = 2 Normal 2/5 x 100% = 40 %
ddE- = 2 Bisu tuli
2/4 x 100% = 50 %
6-13. Ditanya: F1 x testcross
Fenotip…?
12 : 3 : 1 (Epistasi dominan)
P = ♂F1 x ♀aabb
AaBb x aabb
F1 = AaBb
Aabb
aaBb
aabb Rasio : fenotip 2 : 1 : 1
14. Diketahui: Keturunan 9/16 = Ungu
3/16 = Biru
4/16 = Putih
Ditanya: a) terangkan kenyataan secara genetik?
b) jika biru homozigotik = 6, berapa tanaman Ungu biru dan putih?
c) jika testcross bagaimana rasio fenotipnya?
Jawab:
F1 = 9/16 : 3/16 :4/16 = 9 : 3 : 4 (Epistasis resesif)
Jika A = warna Ungu
a = Biru
C = Dorong warna
C = Hambat warna

a) maka P = ♂AaCc x ♀AaCc
F1 = 9 A-C- : 3 A-cc : 3 aaC- : aa
Ungu : putih : Biru : Putih
9 Ungu : 3 Biru : 4 Putih
b) jika biru homozigot 6
3 aaC- = 2 aaCc, aaCC
Biru homozigot
1/3 x = 6 biru 2/3 x = 12 Ungu 9/16 x = 54
x = 18 3/16 x = 18 Putih 4/16 x = 24
biru = 18 x = 96
c) di testcross
P = ♂AaCc x ♀aaCC
F = AaCc Ungu
Aacc Putih 1 Ungu : 1 Biru : 2 Putih
aaCc Biru
aacc Putih
6-15. Diket:
I = menghalangi keluar warna
R = Merah
Iirr = kuning
Ditanya: keturunan Merah. Kuning. Putih F2 ….?
Jawaban:
P = ♂Putih Homozigot x ♀Merah Homozigot
IIrr iiRR
F1 IiRr = Putih
P = ♂F1 x F1
F2 = 3/16 Merah : 12/16 Putih : 1/16 Kuning
Jika Putih = 32 IiRR
Rasio F2
9 I-R- : 3 I-rr : 3 iiR- : 1 iirr
Putih : Putih : Merah : Kuning
Putih 2 IiRR = 32
2/16 x = 32 Merah 3/16 x 256 = 48 Kuning 1/16 x 256 = 16
x = 256 10/16 . 256 = 160
jadi, Putih = 192
Merah = 48
Kuning = 16



ALEL GANDA
Halaman : 277 - 280
BAB V. Alel ganda.
  1. Apakah yang di maksud dengan:
  1. ABO –Rh inkompabilitas : adalah kombinasi dalam system golongan darah manusia yang dapat mencegah timbulnya penyakit eritroblstosis fetalis pada keturunan .
  2. Agglutinin : Anti body yang menyebabkan penggumpalan (agglutinin) dari sel-sel.
  3. Antigen : zat asing atau protein asing atau partikel-partikel asing yang masuk ke dalam tubuh.
  4. Entroblastosis fetalis : penyakit kuning pada bayi yang di sebabkan oleh kerusakan sel-sel darah yang berasal dari agglutinin ibunya.
  5. Isoaglutinasi : anti body yang tidak menyebabkan penggumpalan ( agglutin) dari sel-sel.
  6. Kelinci Himalaya : kelinci yang mempunyai alel ch yang menyebabkan kelinci berwarna putih dengan warna hitam padaujung-ujung hidung,telinga,kaki,dan ekor.
  7. Mandul sendiri : abortipnya serbuk sari yang terjadi apabila alel terdapat dalam serbuk sari ternyata sama dengan alel yang terdapat dalam sel telur ,sehingga serbuk sari yang berada di atas kepala putik tidak mau tumbuh membentuk saluran serbuk sari.
  8. Multiple alelmorfi : sebuah gen yang memiliki lebih dari satu alel.
  9. Perkawinan compatible : perkawinan yang mengakibatkan zat anti dan serum dari ibu tidak bertemu dengan anti gen dari eritrosit bayi dalam kandungan (perkawinan yang sesuai).
  10. Rh-positif : Rh yang mempunyai antigen:Rh di dalam erittosit sehingga eritrosit menggumpal pada saat di tes dengan anti serum anti- Rh.

  1. Diket: 4 ekor kelinci dari satu induk
2 ekor kelinci kelabu (normal)
1 ekor kelinci chinchilla
1 ekor kelinci albino.
Dit : Bagai manakah kemungkiunan genotip serta fenotip ke2 nya?
jawab: P
G
F : C + Cch = kelabu (normal)
C+c = kelabu normal
CchC = Chinichilla.
Cc = Albino.
Jadi kemungkinan genotip induknya : C + c X Cch C

  1. Dik : Anak kelinci Himalaya dan albino dari perkawinan dua ekor kelinci chinchilla.
Dit : Apakah mungkin anak kelinci Himalaya dan albino dari induk dua ekor kelinci Chinichillia?
Jawab : P Cch Cch X .. Cch Cch.
G Cch …. Cch
F = Cch Cch = Chinchillia.
Jadi dari perkawinan dua ekor kelinci Chinchilla tidak mungkin mempuyai keturunan kelinci Himalaya dan albino

  1. Dik : CC= Hitam. CdCd = kuning.
CkCk = Coklat tua. CaCa = Albino.
C > Ck > Cd > Ca.
Dit : a) hitam homozigot X coklat tua homozigot.
b) hitam homozigot X kekuningan homozigot.
c) hitam homozigot X albino.
d) coklat tua homozigot X kekuningan homozigot .
e) F1 dr (a) X F1 dr (c).
f) F1 dr (b) X F1 dr (d).
jawab : a.)P
G♀
F
b.)P
G♀
F
c.)P♀
G♀
F
d.)P♀
G♀
F



  1. Dik : Seorang anak bergolongan darah A dan ibunya O
Dit : Bagaimanakah kemungkinan golongan darah ayahnya?
Jawab : P.. iiO X ..A
G .. I ..IA
Jadi kemungkinan golongan darah ayahnya = A/ IAIA homozigot.






  1. Golongan Golongan ayah tidak mungkin bergolongan darah
Darah anak darah ibu seperti berikut ini.
O O AB
B A O
AB AB O
N MN M
M M N

  1. Dik : 4 bayi lahir masing-masing golongan darahnya O,A,B, dan AB.
Dit : carilah pasangan orang tua manakah yang sesuai untuk tiap-tiap bayi itu!

a) O dan O b) AB dan O c) Adan B d) B dan B
jawab : ………………………………………………………

  1. Dik : 50% dari jumlah anak –anak suatu keluarga mempunyai golongan darah A,25 % B,dan 25% AB
Dit : bagaimanakah kemungkinan fenotip dan genotip ke dua orang tuanya ?
Jawab : P …….A X AB
IAi IAIB
F = IAIA = gol –A
IAI = gol-A
IAIB = gol AB =25%
IBi = gol B =25%
Jadi kemungkinan fenotip dan genotip kedua orang tuanya yaitu = golongan darah A X Golongan darah AB = A/ IAi X AB/IAIB

  1. Carilah kemungkinan genotip golongan darah untuk individu – individu dalam diagram silsilah ini yang di beri tanda huruf (a),(b),dan seterusnya!
…………………………………………………………………………

  1. Dik : Seorang perempuan dari golongan darah A2 menuduh seorang laki-laki A2 sebagai ayah dari anaknya yang bergolongan darah A3
Dit : Apakah ini mungkin?
Jawab : ………………………………………………………………..
………………………………………………………………
Jadi mungkin saja laki-laki A2 itu adalah ayah dari anak yang bergolongan darah A3.

  1. Dik : misal golongan darah system Rh ditentukan oleh sepasang alel R dan r .
Seorang perempuan Rh – mempunyai suami Rh + dan telah mempunyai putrid Rh –
Dit : Berapakah kemungkinan anak kedua akan :
  1. Rh- positif ? (b) Rh- negatife? (c) menderita entroblastosis fetalis?
Jawab : P ……… rr X ……..Rr
Rh Rh+
F Rh = + (50%)
rr = Rh- (50%)
  1. Jadi kemungkinan anak ke dua Rh- positif = 50%
  2. Jadi kemungkinan anak kedua Rh –negative= 50%
  3. Kemungkinan anak kedua eritroblastosis fetalis = 0%


  1. Seorang gadis Rh – secara kebetulan mengetahui bahwa kekasihnya ternyata pernah mempunyai pernah mempunyai kakak permpuan yang meninggal waktu lagir akibat eritroblastosis fetalis Gadis itu merasa cemas bahwa kelak setelah menikah akan mengalami kejadian itu .Gadis itui sangat bingung dan berttanya pada saudaranya mengenai hal itu ,dapatkah saudara member pertolonngan kepada gadis itu?

Gadis itu tidak perlu cemas dan bingung karna dapat di pastikan calon suai nya tersebut mempunyaiRh- negatif, sehingga setelah menikah dan akhirnya mempunyai keturunan.,maka keturunan nya tidak akan mengalami eritroblastosis fetalis ‘

  1. Dik ; Laki-laki yang meninggal = A,MNs,Rh+
Istri yang meninggal = B,MNs,Rh-
Laki-laki yang menuntut = O,MNs,Rh+
Dit : Bagaimanakah pendapat ssaudara mengenai tautan itu?
Jawab : Berdasarkan golongan darah system ABO
P = …B X ..A
IBi IAi
F = IAIB = gol,AB
Ii = gol.O
Berdasarkan gol darah system MNSs
P = …. MNS … MNSs
LMSLNS LMSLNS
F = LMSLMS = gol.MS
LMSLNs = gol.MNSs
LMSLNS = gol MNS.
LNSLNs = gol NS.
Berdasarkan golongan darah system Rh
P .. rr X ..Rr
Rh- Rh+
F Rh = Rh+
Rr = Rh-
Jadi dari pembahasn di atas maka laki-laki yang menuntut tersebut memungkinkan anak dari kedua orang tua yang meninggal tersebut.

  1. Dik = 4 orang kakak beradik perempuan masing-masing mempunyai fenotip Rhz,Rho,rhy, dan rh
Dit = Bagaimanakah kemungkinan genotip dan fenotip orang tua mereka?
Jawab =……………………………………………………………………


  1. Dik = Tanaman membawa alel-alel mandul sendiri S2S4,apabila serbuk sari dari bunga tanaman

1.S1S3 2. S2S3 3.S1S3
4. S2S4 5. S3S4 6. S1S4

Di berikan berturut-turut kepada putik dari tanaman tersebut di atas. Bagaimanakah
  1. Genotip dari keturunannya
  2. Genotip dari endosperm keturunannya.


GENETIKA POPULASI
Halaman : 302 – 305
JAWABAN GENETIKA POPULASI
1.Apakah yang di maksud dengan :
  1. Ekuilirium =>Adalah perbandingan antara banyaknya individu dalm suatu kelas terhadap jumlah seluruh individu.
  2. Genetika populasi=> Adalah salah satu cabang ilmu genetika yang mempelajari gen-gen dalam suatu populasi.
  3. Hukum ekuilibrim hardy – weinky=>Adalah rumus yang di gunakan dalam menghitung frekuensi gen dalam genetika populasi.
  4. Lenkung gen =>Adalah kumpulan dari semua gen yang terdapat dalam suatu populasi.
  5. Perkawinan secara acak => Adalah perkawinan yangberlangsung secara random,dan dalam perkawinan acak dapat di gunakan prinsip akuilibrim hardy – Weinberg.
  6. Populasi =>Adalah suatu kelompok dari suatu macam makhluk ,jumlahnya tidak terbatas dan dari populasi tersebut dapat di ambil sampel untuk dihitung beberapa variabilitasnya serta sifat-sifat kuantitasnya.
2. Dik :600 ekor dibeli peternak
-150 ekor domba merugikan karena berambut ikal,gen ini di tentukan oleh gen resesip cr.
Dit : a). Berapakah frekuensi dari alel yang tidak di inginkan itu?
b). Berapa % dari doomba yang dibelinya itu heterozigotik?
Jawab: a) Menurut hukum ekuilibrium Hardy – Weinberg
P2 crcr +2pg cr+qcrcr
Jumlah domba yang menguntungkan =600-150 =450 ekor
Q2 =150600=0,25 q=0,25 =0,5 p= 1 - 0,5=0,5
Jadi frekuensi alel yang tidak di inginkan =0,5/gen resesip cr
b) % dari domba yang di beli heterogotik =2(0,5)(0,5)x600=300 ekor
=300600 x 100=50%
3. Dik : -200 orang papua nugini di periksa golongan darahnya menurut sisitem MN
-14 orang gol.M
-48 orang gol.MN
-138 orang gol.N
Ditanya : Berapakah frekuensi alel LM dan LN dalam populasi itu ?
Jawab : p2 LMLM + 2pq LMLN
q2 = 128200 = 0,69 q = 0.69 = 0,8 p = 1-0,8 = 0,2
Jadi frekuensi alel LM = p = 0,2
Jadi frekuensi alel LN = q = 0,8
4. Diketahui : 798 mahasiswa usu dites PTC
70,2 % pengecap
Ditanya : berapa % dari masing-masing mahasiswa itu mempunyai genotip TT.Tt dan tt ?
Jawab : 70,2% 702 orang pengecap
Jumlah non tester = 798-702 = 96 orang non tester
P2TT + 2pq Tt + q2tt
q2 = 96798 = 0,12 q = 0.12 = 0,35 p= 1-0,35 = 0,65
Jadi mahasiswa yang mempunyai genotip TT = (0,65)2 x 100 = 42,25%
Jadi mahasiswa yang mempunyai genotip Tt = (0,65)(0,35) x 100 = 45,5%
Jadi mahasiswa yang mempunyai genotip tt = (0,35)2 x 100 = 12,25%
5. Diketahui : - Gen A dominan terhadap a
- 5% individu mempunyai fenotip A dalam populasi
Ditanya : Berapa % banyaknya individu yang heterozigot dalam populasi itu?
Jawab : p2 AA + 2pq Aa + q2 aa
p2 = 5% = 0,05 p+q = 1 q = 1-0,22
p = 0.05 = 0,22 q = 1-p q = 0,78
6. Diketahui : 50% penduduk heterozigotik
a. Ditanya : Berapakah frekuensi gen R dan r?
Jawab : 2pq = 50% = 0,5
b. Diketahui ; Heterozigotik 42%
Ditanya ; Berapakah frekuensinya?
Jawab : 2pq = 42% = 0,42
7. Dik : 1 bayi dair 22.500 kelahirabn menderita PKU dan di sebabkan gen resesip ph.
Dit :Berapa % dari populasi yang normal merupakan “carier”?
Jawab :p2phph +2pq phph+q2 phph
Q2=122500=0,00004444 q=0,00004444=0,01 p=1-0,01=0,99
Jadi populasi normal yang merupakan “carier”yaitu =2(0.99)(0,01)x100=1,98%
8. Dik : Frekuensi alel IA=0,3=P
Frekuensi alel IB=0,1 =Q
Frekuensi alel j =0,6 =r
Dit :Berapa % dari tiap-tiap golongan dalam golongan darah ABO terdapat pada populasi tersebut ?
Jawab: p2IAIA + 2PrIAi + Q2IBIB + 2QrIBi +2PQ IAIB + r2 ii
- Golongan darah A =(0,3)2+2(0,3)(0,6)x100%45%
- Golongan darah B =(0,1)2+2(0,1)(0 ,6)x100%13%
- Golongan darah O =(0,6)2x100=36%
- Golongan darah AB=2(0,3)(0,1)x100 =6%
9. Dik: 20% teromon batang pendek,gen resesip d
Gen D bantang normal
Dit : berapa % dari tanaman tanaman normal yang homozigot dan heterozigot ?
Jawab =
q2 = 20% q = 0,2 p = 1- 0,45
q2 = 0,2% q = 0,45 p = 0,55
Jadi tanaman normal yang homozigot = (0,55)2 x 100 = 30,25%
Jadi tanaman normal yang homozigot = 2(0,55) (0,45) x 100 = 49,5%
10. Diketahui : Golongan darah system ABO,MN dan Rh pada suku bangsa toraja frekuensi alel IA = 0,26 ; I = 0,43 ; LM = 0,56 ; R = 0,45
Ditanya : Berapa % suku bangsa toraja diduga mempunyai golongan darah (a) A, Rh- (b) O, MN (c) B, N, Rh+
Jawab : a). Golongan darah A = (0,26)2 + 2(0,26) (0,43) = 0,2912
Frekuensi alel R = 0,45
Jadi frekuensi alel r = 1-0,45 = 0,55
Frekuensi genotip rr (yaitu golongan Rh-) = (0,55)2 = 0,3025
Jadi frekuensi golongan A, Rh = (0,2912)(0,3025) x 100 = 8,8088% atau 9%
b). Golongan darah O = (0,43)2 = 0,1849
Frekuensi alel LM = p = 0,56
Frekuensi alel LN = q = 1-p = 1-0,56 = 0,44
Frekuensi genotip LMLN = 2pq = 2(0,56)(0,44) = 0,4928
Jadi frekuensi golongan O, MN = (0,1849) (0,4928) x 100 = 9.111872% = 9,11%
c). Golongan darah B
p + q + r = 1 q= 1-(p+r) q= 1- (0,26 + 0,43) q = 1-0,69 = 0,31
p2IAIA + 2prIA + q2IBIB + 2qrIAIB + r2ii
Jadi golongan darah B = (0,31)2 = 2(0,31)(0,43) = 0,3627
Frekuensi alel LN = 0,44
Frekuensi genotip RR = (0,45)2 = 0,2025
Frekuensi genotip Rr = 2pq = 2(0,45) (0.55) = 0.495
Jadi frekuensi golongan B, N, Rh+ = (0,3627) (0,44) (0,6975) x 100
= 11,131263% = 11,13%
11. Diketahui : Buta warna ditentukan gen resesif pada kromosom –x . Dari 500 orang laki-laki terdapat 20 orang buta warna.
Ditanya : a). Berapakah frekuensi dari alel normal dalam populasi itu?
b). Berapa % dari orang perempuan dalam populasi itu diharapkan normal ?
Jawab : p = frekuensi untuk gen dominan C CC dan cc = normal ♀ c-= Normal♂
q = frekuensi untuk gen resesif c cc = buta warna ♀ c-=buta normal ♂
Frekuensi gen c = q2 = 20500 = 0,04 q = 0,04 = 0,2
Frekuensi gen C = p = 1-0,2 = 0,8
  1. Jadi frekuensi dari alel normal dalam populasi = 0,8
  2. Jadi % dari orang perempuan dalam populasi itu diharapkan normal = p2 + 2pq = (0,8)2+ 2(0,8) (0,2) x 100 = 0,64 + 0,32 x 100 = 96 %
12. Diketahui :- Mata putih lalat Drosophilia ditentukan gen resesif w , alelnya dominan W- menentukan mata merah (type liar , normal).
- 15 lalat ♀ bermata putih
- 52 lalat ♂ bermata putih
- 208 lalat ♂ bermata merah
- 365 lalat ♀ bermata merah ( yang 112 lalat membawa w)
Ditanya : Coba cari frekuensi alel w !
Jawab : q2 = 67640 = 0,11 q = 0,11 = 0,33
Jadi frekuensi alel w = q = 0,33
13. Diketahui : - Suatu daerah, seorang dari 20 orang laki-laki menderita anodantia
- Anodantia disebabkan gen resesif a pada krpmosom x
Ditanya : Berapa % dari orang-orang perempuan didaerah itu diduga anodantia ?
Jawab% : p = Frekuensi untuk gen dominan A = normal
q = Frekuensi untuk gen resesif a = buta warna
Frekuensi gen a = q2 = 120 = 0,05 q = 0,05 = 0,22
Frekuensi gen a = p = 1-0,22 = 0,78
Jadi % dari orang-orang perempuan didaerah itu diduga anodantia = 0,22 x 100 = 22%




5 comments:

  1. Terimakasih...
    Tolong jarak spasi nya dong, kurang enak saya bacanya...

    ReplyDelete
  2. kacau bngt bang tolong dibenahin lg

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak....ini sangat membantu
    saran saya tolong dirapikan lagi format penulisannya

    ReplyDelete

PANDUAN PEMBAYARAN UTBK TLMPT 2022 MELALUI SMS BANKING MANDIRI

 Pembayaran biaya UTBK LTMPT 2022 melalui Bank Mandiri dapat dilakukan pada channel Mandiri SMS Banking di seluruh wilayah Indonesia. Pandu...